Manajerial Kepala Sekolah SMA Regina Pacis Bajawa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Remigius Missa Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende
  • Emanuel Tenau Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Santo Benediktus Sorong

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i2.50

Keywords:

Kompetensi Manajerial; Kepala Sekolah; Mutu Sekolah

Abstract

Kepala sekolah adalah seseorang yang memiliki peranan besar dalam keberlangsungan pendidikan di sekolah. Salah satu peran penting yang dimiliki seorang kepala sekolah adalah peran manajerial sebagai seorang kepala sekolah. Peneltian ini bertujuan untuk menggambarkan managerial kepala sekolah SMA Swasta Katolik Regina Pacis Bajawa terhadap peningkatan mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Regina Pacis Bajawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dibuat dalam keadaan dan situasi yang dihadapi secara natural atau alamiah yang hasilnya ada dalam bentuk penjelasan atau deskripsi umum dari persoalan yang diteliti.  Peneliti menggunakan waktu secara fleksibel serta terbuka menerima informasi dan data yang baru. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan informan penelitiannya adalah para wakil kepala sekolah, perwakilan guru, dan ketua pengurus Yayasan Yasukda Ngada. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan kemampuan manajerial kepala sekolah SMA Swasta Katolik Regina Pacis Bajawa berpengaruh sangat positif dalam mencapai sekolah bermutu dan meningkatkan pengembangan mutu sekolah lebih lanjut. Penerapan kemampuan manajerial kepala sekolah pada empat bidang fungsi manajemen menjadi faktor pendukung utama keberhasilan dalam proses pembelajaran bagi para peserta didik baik secara akademik maupun secara non-akademik. Mutu sekolah yang baik antara lain terwujud dalam meningkatnya lulusan terbaik peserta didik dari tahun ke tahun dan keberhasilan menciptakan kualitas peserta didik terbaik melalui pembentukan dan pengembangan karakter dan sikap siswa yang berintegritas

References

Andriani, D. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Menuju Sekolah Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 51–62. https://media.neliti.com/media/publications/112096-ID-strategi-kepemimpinan-kepala-sekolah-dal.pdf

Bogdan, R. C., & Biklen, K. S. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon. boston.

Crosby, P. B. (1979). Quality is free : The Art of Making Quality Certain. New American Library.

Davis, K., & John, W. N. (1985). Perilaku Dalam Organisasi. Erlangga.

Miles, B. M., & Huberman., M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (1988). Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito Bandung.

Priansa, D. J., & Risma, S. (2021). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala sekolah. alfabeta.

Prihantoro, R. (2012). Konsep Pengendalian Mutu. Remaja Rosdakarya.

Rianto, Y. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. UNESA University Prees.

Robbins, S., & Coulter, M. (2010). Manajemen. (10th ed.). Erlangga.

Sanders, V. (2006). First Wave Feminism. Cambridge Companion to Feminism and Postfeminism.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian. alfabeta.

Suharsimi, A., & Yuliana, L. (2009). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.

Sumarsan, T. (2020). Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja. indeks.

Wibowo. (2014). Prilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Missa, R., & Tenau, E. (2025). Manajerial Kepala Sekolah SMA Regina Pacis Bajawa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan . Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 9(2), 16–30. https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i2.50