Efektivitas Pendekatan Personal dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMPK Santa Ursula Ende

Authors

  • Norbertus Labu Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende
  • Carolina Lala Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i2.70

Keywords:

Pendekatan Personal; Kesulitan Belajar; Efektivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan personal yang digunakan oleh para guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Santa Ursula Ende. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala SMP Santa Ursula Ende, empat orang guru mata pelajaran, dua orang guru wali kelas, dua guru Bimbingan Konseling dan tujuh orang siswa SMP Santa Ursula Ende. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan personal sangat efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Santa Ursula Ende. Ada empat indikator efektivitas pendekatan personal dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Santa Ursula Ende yang ditemukan dalam penelitin ini: pertama, perubahan sikap; kedua, peningkatan motivasi belajar; ketiga, peningkatan nilai akademik; dan keempat, keaktifan-keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran

References

Amin, A., & Yonani, S. (2025). Urgensi Inovasi Pendekatan Individual dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Education and development, 12(3), 472-479. doi:10.37081/ed.v12i3.6351.

Ardila, P., I. R., Tazkia, D. A., Musthofa, M. A., Najjini, S. L., L. A., & Nadhirah, N. A. (2024). Membangun Kepercayaan: Relevansi Kerahasiaan dalam Mengatasi Masalah Trust Issue pada Konseling Kelompok. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS), 2(3), 363-371. From http://jurnal.minartis.com/index.php/jishs

Baniarti, s., & Hermanto, F. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 2 Kemusu Boyolali. Sosiolium, 4(2), 90-101. Dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/SOSIOLIUM.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Dwiatmoko, I. A. (2022). Implementasi Nilai-nilai SERVIAM di Sekolah-sekolah Yayasan Pendidikan Ursulin di Seluruh Indonesia: Sebuah Evaluasi Eksploratif Statistis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Fadillah, A. R., Fadilah, Silalahi, T. A., & Putri, W. A. (2024). Kesulitan Siswa Dalam Menangkap Pembelajaran Di Kelas. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(1), 47-53. doi:https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i1.917

Ismail. (2016). Diagnoisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Edukasi, 2(1), 30-43.

Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292-7302. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478.

Labu, N. (2021). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1-21.

Labu, N. (2024). Konstruksi Model Kepemimpinan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal dalam Pengembangan Pertanian Hortikultura di Kabupaten Ngada: Kajian Pembelajaran Sosial. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Milacandra, L., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2019). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa kelas 2 MI Al Maarif 02 Singosari. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 30-35.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Parnawi, A. (2020). Psikologi Belajar. Sleman: Deepublish.

Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), .77-84. doi:https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93.

Rao, M. Z., & Asna, A. (2024). Prosedur dan Teknis dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Ilmu Pendidikan Sosial. Formatif: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(01), 11-21.

Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, II (2), 30-46. doi:https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551.

Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(1), 13-22.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. (1987). Psikolgi Pengajaran. Jakarta: Gremedia.

Yuline. (2008). Mengenal Identifikasi Kesulitan Belajar dan Diagnosis Kesulitan Belajar serta Hambatannya dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Cakrawala Kependidikan, 6(2), 112 - 207. From https://media.neliti.com/media/publications/218605-mengenal-layanan-identifikasi-kesulitan.pdf.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Labu, N., & Lala, C. (2025). Efektivitas Pendekatan Personal dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMPK Santa Ursula Ende . Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 9(2), 93–107. https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i2.70