Model Berpikir Induktif dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase D (Tinjauan Kurikulum dan Pembelajaran)

Authors

  • Fransiskus Soda Betu STIPAR Ende
  • Lelboy Viktoria Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende

DOI:

https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i1.36

Keywords:

Model, Berpikir, Induktif, Proses, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perlunya Model Berpikir Induktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase D pada Tujuan Pembelajaran 7.5 dengan  Elemen Masyarakat. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan,  peneliti mengambil referensi dari berbagai tulisan kemudian menggabungkannya dalam satu kesatuan pemikiran dalam penyajiannya. Dalam penelitian ini diperoleh hasil, sebagai berikut: (1) model berpikir induktif adalah proses pembelajaran yang dimulai dengan pengalaman konkret, di mana siswa mengamati, mengumpulkan data, dan menyimpulkan prinsip atau generalisasi dari pengalaman tersebut. (2) penerapan model berpikir induktif disesuaikan dengan Tujuan Pembelajaran, (3) Tujuan Pembelajaran 7.5 pada elemen masyarakat bersesuaian dengan proses dalam Model Berpikir Induktif.  Dengan menggunakan Model Berikir Induktif, pendidik dan peserta didik mengembangkan baik pengetahuan  maupun karakter  peserta didik.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Ansyar, 2015). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi (penerj. Kartini Kartono). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, edisi keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fiantika, F. R., dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Guntara, Y., & Wilujeng, I. (2018). Developing Inductive Thinking Kit to Improve Representation Data and Scientific Reasoning Skills. Jurnal Kependidikan, 2(2), 302-319.

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra', 08(01), 68-73.

Harta, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Induktif Berbasis Pendekatan Analogi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dalam Menulis Teks Ekposisi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 122-130. DOI: 10.5281/zenodo.3760735.

Iskandar,S. (2013). Pengembangan Kurikulum. Subang: Royyan Press.

Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik. (2021). Lampiran: Dokumen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti: ATP Pkat.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran Di Indonesia.

Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Nasution. (1993). Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Nasution. (1993). Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rustamana, A. (2019). Model Pembelajaran Sejarah Dengan Pendekatan Induktif Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Aspek Berpikir Kesejarahan (Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Serang Propinsi Banten). Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 5(1), 1-11.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Siddiqui, M. H. (2013). Inductive Thinking Model of Teaching: Increase Capacity to Handle Information. Paripex - Indian Journal of Research, 2(3), 71-73.

Surbakti, M., Nainggolan, I. K. M., & Sitorus, P. (2022). Pengaruh berpikir induktif dalam pembelajaran getaran dan gelombang di kelas VIII SMPN Bosar Galugur Kecamatan Tanah Jawa. Jurnal Visi Eksakta (JVIEKS), 3(1), 1-20. https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/eksakta/

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Betu, F. S., & Viktoria, L. (2025). Model Berpikir Induktif dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase D (Tinjauan Kurikulum dan Pembelajaran). Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 9(1), 1–19. https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i1.36